From Zero to Hero

Direktur Utama PT NASA, Ir. Hana Indra Kusuma, MP dan Manager Humas dan TS  Ir. Joni Riyanto
Kelemahan tidak selalu menjadi hambatan, tetapi darinya juga bisa muncul ide untuk mengatasi kelemahan itu supaya menjadi peluang untuk meraih sukses.

Sebagai salah satu bukti  adalah pengalaman pengembangan bisnis NASA oleh Bapak Nur Haryono yang sukses meraih omzet terbesar kedua di bidang Agrokompleks melalui media online.

Perjalanan hidup manusia memang penuh liku dan perjuangan, untuk menjadi sukses dibutuhkan ketekunan, kerja keras, dan kelihaian membaca dan memanfaatkan peluang. 

Kesuksesan tidak akan datang sendiri jatuh dari langit, melainkan selaludidahului dengan perjuangan yang tidak ringan. Pertama yang harus dimiliki seseoranguntuk mengubah nasib ad alah kemauan berusaha dan keberanian untuk mengambil langkah pertama yang bakal menjadi awal perjuangan yang penuh dengan liku dan pembelajaran. 
Perjalanan mengelola usaha sering memaksa orang untuk melakukan berbagai inovasi untuk memperbesar usahanya. Inovasi tersebut bisa berupa perubahan atau penambahan komoditas, ataupun perubahan dan pengembangan strategi pemasaran komoditas tersebut. Proses learning by doing ini tetu saja memerlukan kesabaran dan kerja keras sebelum apa yang diharapkan dapat tercapai.

Mungkin itulah gambaran perjalanan hidup yang dialami oleh Bapak Nur Haryono (33 tahun) yang sejak tahun 2010 bergabung di bisnis NASA. 

Semula bapak satu putri ini tidak begitu tertarik dengan bisnis NASA yang dikenalkan oleh salah seorang temannya yaitu Bapak Wiyardi, karena dia menyadari punya kelemahan yaitu tidak begitu pandai untuk presentasi yang mutlak dibutuhkan dalam bisnis multi level marketing. 
Tetapi ada satu produk dari NASA yang membuatnya tertarik untuk memasarkannya saat itu yaitu produk ban Tiretech, karena dia punya latar belakang pengetahuan di bidang mesin. Hanya saat ini justru ia lebih banyak memasarkan produk NASA di bidang agro karena menurutnya penggunanya lebih luas.

Meraih Omzet puluhan Juta dengan Media Online

Bapak Nur Haryono serius ingin mengembangkan bisnisnya di NASA, namun ia menyadari akan kekurangan pada dirinya, yaitu kurang pandai berbicara, sehingga mengalami kesulitan dalam mengenalkan produknya kepada konsumen.  

Dari kelemahannya ini justru muncul ide untuk memasarkan produk NASA via internet yang mengantarkannya meraih omzet puluhan juta. 
Meskipun ketika itu ia masih belum terlalu melek komputer, tidak memiliki komputer, bahkan tidak memiliki sepeda motor untuk mobilitas mengembangkan usahanya, hal itu tidak membuatnya patah semangat. Ketika itu ia harus naik "pit onthel" ke warnet untuk membuat blog dan mengantarkan pesanan juga dilakoninya dengan mengayuh sepeda.

Setelah sekian lama akhirnya ia menyadari strategisnya media online dalam memasarkan produk-produknya, karena sebagian besar penjualan didapat dari hasil online yaitu 95% dan hanya 5% yang dari offline. 

Nur Haryono memanfaatkan fasilitas free space untuk membuat blog untuk mempromosikan produk-produk NASA, dan melalui media online ini pesanan pun mulai mengalir. Kliennya banyak yang dari luar Jawa antara lain dari Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera yang menggunakan produk NASA untuk tambak, perkebunan sawit, karet dan coklat.
Meraih Penghargaan Sebagai Stockist dengan Omzet Terbesar Kedua di Bidang Agrokompleks.
Setelah dua tahun, Bapak Nur Haryono mulai merasakan hasil usahanya dan pada tahun 2011 omzetnya mencapai 20-30 juta per bulan. Dari bisnisnya di NASA ia dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya, saat ini sudah ada motor, laptop dan jaringan internet pribadi untuk mengembangkan usahanya. Ditanya apa tipsnya untuk menaikkan omzet via online, beliau menjawab bahwa dalam strategi promosinya ia menggunakan strategi jaring laba-laba, yaitu semakin banyak jaring maka mangsa yang terjerat pun akan semakin banyak. Dalam hal ini ia memiliki banyak blog untuk mengenalkan produk-produkNASA. Kini ia memiliki 15 blog yang selalu diupdate tiap minggu, diharapkan dengan semakin banyaknya blog yang dimiliki, pangsa pasarnya semakin luas, dan omzetnyapun semakin meningkat. Pemasaran dengan blog ini memang cukup efektif, karena selain murah juga bisa diakses sampai ke mana-mana. Apalagi kini pengguna internet juga kian meluas, bukan hanya pelajar dan mahasiswa, serta pegawai kantoran, namun para petanipun mulai banyak yang menggunakannya.

Dari kesuksesannya memasarkan produk NASA via online telah mengantarkan bapak Nur Haryono mendapatkan penghargaan sebagai stockist dengan omzet terbesar kedua di bidang agrokompleks dan memenangkan hadiah laptop yang diserahkan sendiri oleh Direktur Utama PT NASA, Ir. Hana Indra Kusuma, MP dan Manager Humas dan TS  Ir. Joni Riyanto di rumahnya (gambar)





Sumber: http://naturalnusantara.co.id/index.php?mod=kesaksian

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "From Zero to Hero"

Post a Comment

Tinggalkan pesan anda disini dan akan saya balas secepatnya. Sementara komentar saya saring dulu karena banyaknya komentar yang tidak bertanggung jawab.